LATIHAN REGULER KHUSUS AWAL TAHUN 2011

Wednesday, January 5, 2011

Latihan ini spesial dan penting.

Kenapa latihan ini begitu penting dan spesial?

Karena ini merupakan latihan perdana kami di tahun 2011 ini, setelah kemarin break natal dan tahun baru setelah tanggal 18 Desember 2010. Ini merupakan latihan pertama kami yang akan diadakan pada tanggal 6 Januari 2011, jam 5 Sore.

Kok tumben bukan hari sabtu jam 2 siang?

Karena ini latihannya begitu penting, pelatih mengharapkan semua anggota Teater Mono untuk datang pada tanggal tersebut. Sebabnya adalah, mulai tahun 2011 ini dan seterusnya, di dalam Teater Mono akan mulai diajarkan metode akting yang akan dipakai seterusnya dalam pendalaman karakter akting bagi para pemain untuk memainkan naskah nantinya.

dan semua ini akan semakin diperkuat dengan adanya project WANNA BE nanti bulan februari/maret 2011.  yang merequire aktor untuk lebih memperdalam pemeranannya untuk bisa berhasil dalam project tersebut.

Semuanya udah disiapkan, termasuk mencampurkan metode Gung dan Feng yang didapat oleh Vania di Teater Populer dengan rhytm2/lagu2 dari OST Tron Legacy dan dibikin super fun. Namun semua itu tidak akan berhasil jika para anggota TM tsb tidak mengerti/belum memahami basic2 Gung dan Feng dengan baik.

Semua yang datang direquire untuk mengenakan baju hitam-hitam dan celana yang movable, kenapa? saya sendiri gak tahu, tapi itu akan sangat mendukung essence latihan tgl 6 januari nanti dan environment sesama anggota.

Latihan tanggal 6 Januari 2011 nanti, adalah latihan yang full dengan olah tubuh namun at the same time, benar2 mengeluarkan suatu akting yang creating the real life, bukan yang acting acting. suatu akting/pemeranan yang keluar dari dalam diri kita dan bukan dari pikiran kita. Itulah sebenarnya kunci latihan/purpose latihan yang mau dituju dalam diperkenalkannya metode akting Gung dan Feng ini.

Mengapa saya campur dengan ost. Tron Legacy? karena secara ritmik memang sangat mendukung untuk melakukan semua Gung dan Feng secara berlawanan, maupun secara bersamaan. Dan untuk menciptakan suasana seru dalam proses latihan olah tubuh ini. Supaya para anggota tidak bosan terhadap proses latihan. Jadi latihan akan dibuat seperti bermain rivalry/games, serta berpadu dengan irama dan nada. Namun untuk mencapai kesuksesan berlatih ini, setiap pemain haruslah mengerti dasar/basic dari Gung dan Feng serta pandai bermain imajinasi+kreatifitas, sehingga proses yang dihasilkan merupakan proses yang keluar dari dalam, bukan dari pikiran/luar. Akting yang ingin dihasilkan adalah akting yang 70% di dalam, dan 30% yang keluar, bukan 30% didalam, dan 70% yang keluar.

Nah.. yang saya takutkan dan khawatir adalah, para anggota tidak mengerti dengan baik hasil akhir yang saya maksudkan diatas tersebut, karena saya tahu latihan ini seperti bermain game yang sangat abstract yang mengharuskan para pemainnya untuk tidak boleh berfikir sama sekali, karena sekali mereka berfikir, semua yang telah dibuild up dalam proses latihan tersebut jadi buyar dan hilang.

Saya sebagai pelatih yang akan "memimpin mereka bermain" dalam permainan Gung dan Feng feat Tron Legacy ini, terus berlatih untuk mendevelop metode yang akan diajarkan tanggal 6 januari nanti, dimana semua awal mula dan starter untuk kelangsungan Teater Mono selanjutnya sangat berpengaruh besar.

Doaku: "Tuhan.. Engkau tahu dan mengerti maksud saya, please help me supaya bisa membawakan dan melatih mereka dengan baik ya Tuhan.. memberi mereka pengarahan/introduction yang baik sehingga mereka mengerti basic dasarnya dan bisa mulai memasuki "permainannya".. :) Amin.."

Sekian dulu curhatan dari pelatih ini.. banyak sekali yang ingin hendak disampaikan pada tanggal 6 jan nanti.. dari segi metode latihan, program kedepan, perbaikan TM, dan lain2nya.. namun semuanya itu tujuannya satu: TO GOD BE THE GLORY! YES! :)


JBU ALL!

jgn lupa pake kaos hitam2 dan celana movable yaa.. serta bawa minum, dan handuk untuk lap keringat. kita akan full olah tubuh tanggal 6 januari 2011 nanti.. :)
thank you! :)

0 comments: